Kamu yang Punya Rencana Mengganti Beras, 9 Makanan Karbohidrat Cocok Untuk Kamu Coba

Anggapan bahwa kalau tidak makan nasi tidak kenyang ini hasil doktrinisasi pemerintah dan pasar supaya beras jadi makanan pokok sehingga muncul mindset ketela adalah makan kere dan ndeso.

Kamu yang Punya Rencana Mengganti Beras, 9 Makanan Karbohidrat Cocok Untuk Kamu Coba

Itu hanya sugesti, Saudara. Sama seperti seseorang yang dibohongi pil yang ia minum bikin sakitnya sembuh. Padahal pil itu hanya permen. Nah, apa jadinya kalau beras mengalami kelangkaan? Apa iya, kita rela kelaparan mengemis demi sesuap nasi? Padahal sumber karbohidrat di sekitar kita ada banyak.

Sumber energi yang dibutuhkan oleh tubuh itu karbohidrat, bukan nasi. Nasi hanyalah salah satu makanan yang mengandung karbohidrat itu. Tanah air kita itu tanah yang subur sehingga tak sulit menemukan makanan karbohidrat. Oke, biar gak gagal paham, yuk simak sumber karbohidrat yang gak cuma nasi.


1. Yang Paling Pas Itu Kentang

Karbohidrat dalam 100 gram kentang adalah 17,47 gram, selain bikin perut kenyang, mengkonsumsi kentang dapat mengobati peradangan, memulihkan insomnia, dan menjaga berat badan tetap ideal.

2. Salah Satu Makanan Tradisional Itu Ya Singkong

Umbi jenis satu ini dapat diolah menjadi makanan apapun. Tapi kamu harus pintar mengolahnya, karena salah-salah malah menyebabkan keracunan karena kandungan sianidanya. Meski dianggap makanan ndeso, kandungan karbohidrat pada singkong justru lebih tinggi daripada nasi.

3. Ubi Jalar Bisa Tumbuh Di Belakang Rumah

Umbi-umbian ini bercitarasa manis kalau direbus atau dikukus dan enak disantap ketika asap yang hangat masih terkepul. Terkandung 20,1 gram karbohidrat serta betakaroten dan antioksidan yang tidak ada pada nasi.

4. Kalau Ubi Talas, Harganya Terjangkau Banget

Tanaman ini kadang tumbuh tak sengaja di belakang rumah dan dibiarkan begitu saja. Padahal kalau kita mau pintar, kandungan karbohidrat dalam umbi ini sekitar 70 persen. Sama seperti umbi-umbian yang lain, ubi talas juga dapat diolah menjadi makanan apa saja.

5. Jagung Itu Murah, Ada Manis-Manisnya Lagi

Dalam 100 gram biji jagung terdapat 86 kalori dan karbohidrat 74 gram. Rasanya yang gurih dan manis dapat dolah baik direbus maupun dibakar dengan ditaburi bumbu-bumbu tambahan.

6. Kalau Sagu Malah Sudah Jadi Makanan Pokok Orang Timur

Daripada nasi, dalam 100 gram sagu kering terkandung 90 gram karbohidrat yang didukung oleh kandungan gizi lain seperti kalori, kalsium, zat besi, dan protein. Sagu sudah menjadi makanan pokok dan diproduksi di Indonesia bagian timur.

7. Kalau Pengen Yang Sedikit Modern, Coba Gandum

Tanaman serealia seperti beras ini terkandung 80 persen karbohidrat dan kaya akan serat. Meski di Indonesia tidak ditemukan kebun gandum, kita bisa mengkonsumsinya dengan olahan makanan yang berasal dari tepung terigu.

8. Seringnya Labu Dibuat Sayur, Padahal Buat Ganti Juga Bisa

Meski kandungan karbohidrat dalam buah labu ini lebih sedikit ketimbang nasi yang hanya 6,6 gram per gramnya, terkandung juga kalori dan protein yang tinggi. Rasanya yang manis dan harga yang relatif murah ini dapat kamu jadikan makanan pengganti nasi.

9. Kalau Pisang Biasa Tumbuh di Belakang Rumah

Buah yang enak dikonsumsi dengan cara apa saja ini mampu menurunkan tekanan darah dan mengontrol keseimbangan cairan dalam tubuh dengan kandungan kaliumnya. Karbohidrat yang disediakan oleh pisang mampu menjadi cadangan makanan atau istilahnya makanan pengganjal perut.

0 Response to "Kamu yang Punya Rencana Mengganti Beras, 9 Makanan Karbohidrat Cocok Untuk Kamu Coba"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel